Growth Mindset: Tips Mengubah Pola Pikir Positif

Perubahan pasti terjadi, mindset adalah modal utama menghadapi perubahan. Simak Growth Mindset: Tips Mengubah Pola Pikir Positif dalam artikel ini.

Dalam rangka perubahan hidup yang lebih baik di masa depan, growth mindset sangat dibutuhkan supaya kebiasaan positif dapat berjalan dengan maksimal dalam jangka waktu yang lama sehingga mencapai kesuksesan. Growth mindset merupakan pola pikir tumbuh yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mau mengembangkan dirinya menjadi lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, dunia bakal terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia seakan dituntut untuk menerapkan growth mindset. Ketika memiliki pola pikir yang hanya diam di tempat saja (fixed mindset), resiko mengalami kegagalan dalam meraih kesejahteraan hidup juga akan semakin meningkat.

Tapi modal utama supaya bisa menerapkan growth mindset ini idealnya didasarkan sama self esteem yang kuat, alias menghargai diri sendiri dan percaya sama kemampuan diri sendiri. Simak penyebab orang gak percaya diri dan gampang minder di sini.

Tips Mengubah Mindset Dengan Menerapkan Pola Pikir Positif

Fixed Mindset & Growth Mindset

Menurut Profesor Carol S. Dweck, ada dua jenis pola pikir (mindset) antara lain Fixed Mindset (mindset tetap) dan Growth Mindset (mindset tumbuh).

Fixed Mindset adalah orang yang percaya bahwa kualitas diri mereka merupakan sifat yang tetap bawaan lahir dan gak bisa diubah. Orang dengan mindset tetap ini cenderung menghindari tantangan sehingga memilih bermain aman dengan berbagai alasan, mereka juga cenderung fokus sama hasil instan dan gak begitu suka dengan proses yang rumit.

Growth Mindset atau mindset tumbuh, adalah orang- orang yang percaya bahwa pembelajaran dan kecerdasan mereka bisa berkembang seiring waktu serta pengalaman.

Orang dengan mindset tumbuh ini cenderung suka tantangan karena mereka meyakini tantangan bisa membuat mereka growth menjadi lebih baik, mereka juga cenderung fokus sama proses dibandingkan hasil akhir. Sebab mereka menyadari kalo proses justru yang bisa bikin mereka jadi seperti yang mereka inginkan, alias menjadi diri sendiri.

Tips Mengubah Mindset Dengan Menerapkan Pola Pikir Positif

Pentingnya Growth Mindset Untuk Mengubah Mindset Positif

Pola pikir tumbuh merupakan salah satu hal penting yang harus diterapkan dalam hidup. Saat menerapkan pola pikir ini, kamu jauh lebih bisa enjoy sama tantangan yang ada dalam hidupmu, terlepas dari dampak buruknya terhadap kehidupan.

Gak cuma itu, growth mindset juga membuat kamu lebih menghargai proses. Pola pikir ini juga pula mempermudah dalam mengembangkan keterampilan baru dan mencapai tujuan hidup karena Kamu akan benar-benar mengusahakannya.

Ingat, apapun yang terjadi di dunia ini semua berasal dari yang namanya proses. Karena dunia ini meliputi ruang dan waktu, maka apapun yang mau kita capai pasti akan terikat oleh ruang dan waktu. Kita terikat oleh ruang, yaitu tempat dimana kita akan mewujudkan impian-impian. Sedangkan waktu, kita terikat olehnya sebagai proses untuk melangkah menuju tujuan yang akan kita capai.

Barangkali itu yang bisa dijadikan kunci, yaitu kita hidup di dunia ini terikat oleh ruang dan waktu. Apapun yang kita kerjakan pasti akan terikat sama dua hal itu. Dan gak ada cara instan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, kecuali kita hidup gak terikat ruang dan waktu yaa, alias di surga hehee..

So, gimana caranya menyikapi kenyataan itu? Lagi-lagi soal mindset.

Growth mindset adalah pilihan ideal untuk menghadapi kenyataan, karena kalo kita sudah menerapkan growth mindset dalam kehidupan kita, niscaya kita gak gampang putus asa saat mengalami kegagalan mencapai tujuan yang kita inginkan.

Bagaimana cara mengembangkan growth mindset?

Bagi orang yang mempunyai fixed mindset, mereka boleh jadi akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan pola pikir ini. Tapi bukan berarti fixed mindset gak bisa diubah menjadi growth mindset.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengembangkan growth mindset:

1. Akui ketidaksempurnaan yang dimiliki

Setiap orang memiliki kelemahan, kekurangan, dan keanehan yang membuat mereka jadi gak sempurna sebagai manusia. Cobalah untuk mengakui ketidaksempurnaan tersebut dan cintai diri kamu sebagaimana mestinya. Anggap ketidaksempurnaan yang ada sebagai keunikan.

2. Hadapi tantangan dengan berani

Ketika berhadapan dengan situasi yang membuat ketakutan, berhentilah sejenak dan ubah pikiran kamu terhadap keadaan tersebut. Kamu bisa menganggap tantangan yang ada sebagai peluang untuk meraih keberhasilan.

Dalam menghadapi tantangan, kamu bisa coba untuk melatih diri dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu survive. Mencoba menyelesaikan tantangan dengan hal- hal yang belum pernah Kamu lakukan sebelumnya secara otomatis akan menambah daftar keterampilan kamu.

3. Perhatikan pikiran dan ucapan

Mulai sekarang coba perhatikan pikiranmu. Perhatikan juga perkataan yang keluar dari mulut. Kalo kamu pesimis dalam menyelesaikan masalah, bisa jadi hasilnya sesuai dengan apa yang dipikirkan. Oleh karena itu, kamu harus mawas diri dalam berucap karena bisa jadi perkataan kamu menjadi kenyataan.

Gak ada salahnya untuk coba mengganti pikiran negatif jadi lebih positif, supaya bisa membangun growth mindset. Ubah sikapmu mengenai keadaan, yang awalnya penuh kebencian kamu ganti sama kasih sayang dan kedamaian. Kalo kamu gak menghargai diri sendiri, dampak terburuk adalah kamu malah semakin terpuruk.

4. Berhenti mencari persetujuan orang lain

Selalu meminta persetujuan orang lain dapat mencegah pola pikir tumbuh. Cobalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kamu merupakan satu- satunya orang yang bertanggung jawab dalam kehidupan sendiri, bukan orang lain.

5. Perkuat kelebihan, perbaiki kelemahan

Masing-masing orang mempunyai kelebihan dan kelemahan. Untuk mengembangkan growth mindset, jelajahi, hargai, serta perkuat kelebihan yang kamu punya. Selain itu, jangan lupa juga berusaha untuk memperbaiki kelemahan yang dimiliki.

6. Terima kritikan dengan terbuka

Ketika kamu mengalami kegagalan, alangkah baiknya lakukan kritik terhadap diri sendiri. Tujuannya bukan membuat kamu rendah diri, tapi untuk membuat semuanya menjadi lebih baik lagi dengan melakukan kritik diri sendiri sebagai bahan evaluasi.

Kamu juga harus nerima kritik yang membangun dari orang lain, seperti orang tua atau anggota keluarga, teman, sahabat, bahkan pasangan. Cobalah untuk bersikap terbuka terhadap kritikan yang membangun, supaya bisa bantu kamu untuk menerapkan growth mindset.

7. Hargai proses

Banyak orang yang melihat sesuatu hanya dari hasil akhirnya saja. Dalam mengembangkan pola pikir growth mindset, Kamu harus lebih menghargai proses daripada hasil akhirnya. Kalo cuma fokus sama hasil akhir, kamu gak akan bisa belajar dari kegagalan dan gampang menyerah saat menghadapi tantangan atau proses dalam mencapai apa yang kamu inginkan.

8. Belajar dari kesalahan orang lain

Belajar bisa dari mana saja, salah satunya lewat kesalahan orang lain. Belajar dari pengalaman orang lain bisa menurunkan resiko kamu melakukan kesalahan serupa. Hal ini juga bisa bantu kamu untuk meminimalisir rasa takut, cemas dan khawatir saat mau mencoba hal-hal baru.

 

Untuk mengubah mindset dengan cara menerapkan pola pikir positif gak bisa cuma dengan membaca artikel ini aja, tentu dibutuhkan praktek supaya kamu bisa lebih jelas memahami mindset yang selama ini ada di pikiranmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *