Ini Penyebab Orang yang Tidak Percaya Diri dan Gampang Minder

Sumber Foto : https://pixabay.com/id/illustrations/pertanyaan-permintaan-keraguan-1922476/

Ini Penyebab Orang yang Tidak Percaya Diri dan Gampang Minder

Gak percaya diri adalah bagian dari penyakit mental yang banyak dialami oleh anak muda, alhasil gak sedikit dari anak-anak muda yang kehilangan jati dirinya hanya gara-gara penyakit satu ini.

Ketidakpercayaan terhadap diri sendiri merupakan salah satu bentuk keraguan yang bisa menimbulkan kerugian pada diri sendiri, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Namun banyak dari anak-anak muda yang meremehkan penyakit ini, dengan hanya menganggap angin lewat saja.

Salah satu bentuk ketidakpedulian terhadap penyakit ini adalah dengan tidak menjadi diri sendiri, alias kehilangan jati dirinya yang sejati.

Meragukan kapasitas diri dan sulit untuk menemukan potensi diri menjadi hambatan untuk mengatasi rasa gak percaya diri atau gampang minder. Padahal, untuk menemukan dan memahami kapasitas dan potensi diri itu perlu ada masalah-masalah mental yang harus dibenahi.

Apalagi di jaman sekarang, arus informasi yang begitu cepat membuat semua orang dapat dengan mudah mengakses informasi-informasi yang bertebaran di sosial media. Gak sedikit juga orang-orang yang membagikan kehidupannya yang mewah di sosial media, apalagi para influencer yang notabene punya pengaruh kuat terhadap audiencenya, sehingga dapat dengan mudah mempengaruhi gaya hidup audiencenya yang rata-rata didominasi oleh anak-anak muda.

Sebenarnya gak ada masalah soal orang-orang yang pamer kekayaan di sosial media, memang begitu sosial media diciptakan, yaitu untuk pamer.

Tapi yang jadi permasalahan yaitu terhadap kondisi mental anak-anak muda, merespon dunia luar dengan cara yang negatif.

Istilah yang populer saat ini adalah insecure yang banyak digunakan oleh generasi muda saat ini.

Ketika melihat postingan temannya di sosial media tentang kisah hidupnya, pencapaiannya, dan lain sebagainya..

Rasa insecure itu semakin tinggi, dan ujung-ujungnya menganggap diri gak bisa apa-apa dan tertinggal jauh dari orang lain.

Sebenarnya rasa gak percaya diri itu muncul dari pikiran kita sendiri. Kita terlalu fokus sama kehidupan orang lain, sehingga lupa sama diri sendiri yang menunggu untuk diupgrade menjadi lebih baik.

Penyebab pertama kita gak pede atau gampang minder yaitu kita gak punya tujuan hidup.

Ngomong-ngomong soal tujuan hidup, banyak orang (bahkan saya sendiri) masih kebingungan untuk menemukan tujuan hidup yang sebenarnya.

Tapi walaupun tujuan hidup yang sebenarnya itu belum ketemu sempurna, setidaknya kita tau bahwa punya tujuan hidup itu jauh lebih penting.

Iya, kita harus sadar bahwa kehidupan kita akan terus berjalan maju dan banyak perubahan di dunia ini yang terus berjalan.

Orang yang gak punya tujuan hidup cenderung menjalani hidupnya dengan cara ikut-ikutan gaya hidup orang lain.

Hal ini akan menambah rasa gak percaya diri itu terus muncul, karena mereka yang ikut-ikutan gaya hidup orang lain lebih percaya sama orang lain ketimbang dirinya sendiri. Ini berarti akan menyebabkan rasa gak percaya diri itu terus tumbuh menjadi besar tanpa disadari, karena pikiran kita terlalu fokus pada kelebihan orang lain dan mengabaikan potensi diri sendiri.

Beda kalo kita punya tujuan hidup, kita akan fokus sama diri sendiri demi tercapainya tujuan hidup yang mau kita capai. Demi tercapainya tujuan hidup, kita akan menggunakan semua potensi yang ada dalam diri kita untuk mencapai tujuan hidup yang telah kita tetapkan. Inilah salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Penyebab kedua rasa gak pede atau gampang minder itu muncul adalah dengan terlalu fokus sama status sosial. Maksudnya, rasa gak percaya diri atau gampang minder itu muncul ketika kita menjadikan status sosial sebagai standar atau ukuran kesuksesan dalam hidup.

Padahal setiap orang dengan status sosial apapun berhak untuk hidup bahagia.

Ketika kita fokus sama status sosial sebagai ukuran kesuksesan, kita akan sering merasa kurang hebat dari orang lain yang punya status sosial yang lebih tinggi dari kita. Sehingga rasa gak pede atau minderan itu muncul semakin besar dalam diri kita.

Penyebab ketiga rasa gak pede atau gampang minder adalah kurangnya wawasan kita terhadap suatu hal.

Saat ngobrol sama orang lain, kita merasa bodoh dan gak ada yang bisa dibanggakan dari dalam diri kita sendiri. Kita akan selalu merasa kudet dan cenderung sering menghindari obrolan sama orang lain.

Padahal untuk melatih rasa pede dengan cara yang mudah yaitu berinteraksi sama orang lain, baik sama keluarga, teman dekat maupun sama orang-orang baru.

Sebenarnya gak perlu mengetahui semua hal untuk bisa ngobrol sama banyak orang, cukup hanya menaruh sedikit ketertarikan terhadap topik pembicaraan yang akan dibahas.

Misalnya saat ngobrol bareng teman tentang sepak bola, tapi kamu gak suka sepak bola..

Cukup hanya menjadi pendengar yang baik dan memberikan feed back positif akan menjadikan dirimu lebih berwawasan, dan tentunya secara otomatis rasa percaya diri itu muncul.

Itulah beberapa penyebab orang gak percaya diri atau gampang minder.

Semua penjelasan di atas murni dari hasil pembelajaran pribadi sebagai seorang introvert.

Karena pengalaman adalah guru terbaik.

One thought on “Ini Penyebab Orang yang Tidak Percaya Diri dan Gampang Minder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *